Rabu, 18 Februari 2009

PENJUALAN

6 Cara Meningkatkan Penjualan

Saatnya merubah strategi penjualan Anda untuk meningkatkan penjualan Ingin meningkatkan penjualan secara dramatis. Dari strategi penjualan yang hanya menarik konsumen baru menjadi menggoda konsumen yang terjamin akan kembali untuk membeli lagi.

Prospek penjualan yang terbaik adalah prospek yang sudah di ubah, dengan kata lain salah satu dari konsumen Anda berpikir tentang cara ini. Jika bisnis Anda terletak di sebuah kota kecil dengan populasi 1000 jiwa dan Anda menjual majalah untuk semua orang di kota itu, pria wanita dan anak-anak, Anda menjual majalah Anda dan memenuhi pasar Anda. Penjualan majalah Anda sehari sudah berakhir, apakah waktunya untuk berberes-beres dan maju ke langkah berikutnya ? Belum Dong !! Jika Anda mulai memfokuskan usaha penjualan Anda untuk menjamin konsumen itu akan kembali membeli produk Anda lagi, Anda akan bisa meningkatkan penjualan majalah Anda secara dramatis.

Dan di bawah ini cara yang manjur untuk meningkatkan penjualan yang akan membantu menambah kesetiaan konsumen juga, cobalah sesuatu dari apa saja yang disarankan untuk meningkatkan penjualan Anda di bawah ini :

1.

Persiapkan program pendorong penjualan.
Berikan alasan kepada staff marketing Anda untuk pergi keluar sana dan melakukan penjualan, penjualan dan penjualan. Mengapa begitu banyak bisnis yang mempercayai staff marketing mereka untuk mengendalikan dan menangani penjualan. Karena mereka menawarkan staff marketing mereka sebuah bonus perjalanan liburan ke atlantis atau TV 29 inchi untuk setiap penjualan yang terjadi. Coba lihat Progran Pembentuk Dorongan Penjualan dari Paul Shearstone yang jitu membangun program pendorong penjualan anda. Cantik, Sederhana dan Mudah untuk di peroleh.

2.

Tumbuhkan semangat keberanian untuk menjual kepada staff marketing Anda.
Pada dasarnya pemasaran yang melibatkan produk atau jasa lain tapi berhubungan dengan produk yang Anda pasarkan dan membuatnya agar lebih cocok atau sesuai dan dibutuhkan oleh konsumer Anda untuk membelinya atau dalam artian hanya dengan menempatkan tambahan produk lain didekat produk yang Anda fokuskan untuk dipasarkan, tidak akan melejitkan penjualan Anda. Agar penjualan lebih sukses, onsumen harus diyakinkan dengan adanya sebuah keuntungan dan manfaat dari sebuah produk atau jasa yang anda pasarkan, contohnya ; saat terakhir karpet saya dibersihkan di sebuah pencucian karpet, si pencuci mengatakan bahwa terdapat noda kotoran hewan dan malah hanya membersihkanya, ia mengalihkan perhatian saya ke masalah kecil itu dan memperlihatkan saya bagaimana mudahnya dan efektifnya tempat pencucian mereka membersihkan segala bekas-bekas noda kotoran hewan. Apakah saya akan kembali kepada mereka? Pasti !! Karyawan pencuci karpet tersebut meyakinkan saya untuk kembali mencuci kepada mereka dan menciptakan tempat pencucian mereka sebagai tempat yang cocok dan klop untuk saya akibatnya akan membuat trick pemasaran yang melejitkan penjualan.


3.

Berikan konsumen Anda sebuah dongkrak dari dalam.
Beberapa bulan yang lalu saya berbelanja di sebuah toko pejualan alat-alat elektronik. Saat saya ingin mengambil sebuah produk, saya berbicara dalam hati saya untuk membelinya atau tidak namun saat seorang karyawan mendatangi saya dan berkata, "sepertinya mas tertarik dengan TV Itu yah mas?" dan saya menjawab "Iya, tapi masih mikir harganya", lalu ia mengatakan "Bulan depan kami mengadakan diskon 20% untuk TV ini mas,mungkin mas bisa kembali lagi bulan depan". Coba tebak apa cerita selanjutnya, saya kembali ke toko elektronik tersebut dan membawa pulang TV tersebut lengkap dengan antena dan sebuah DVD Player karena masih ada sisa dari budget. Pelajaran yang di ambil dari kasus diatas adalah jika Anda ingin penjualan atau promosi selalu datang katakan pada konsumer Anda tentang penurunan harga, produk baru dengan harga murah dari toko lain dan sejenisnya. Mungkin saja saat kembali lagi mereka akan membawa seorang teman dan temanya membawa temanya yang lain. Anda juga bisa mendongkrak semangat mereka dengan email atau menghubungi mereka melalui telepon.


4.

Utamakan pelanggan anda Sangatlah jelas pada kenyataanya ada perbedaan antara Pelanggan dan Pembeli,perbedaannya untuk ?Pelanggan? anda adalah mereka memperlihatkan kepada anda betapa anda memiliki poin dan nilai untuk mereka.Bagaimana anda mengharapkan kesetian konsumen seperti itu jika anda memperlakukan konsumen anda seperti seseorang yang gak penting banget gitu lho!!? Ada terdapat beberapa cara yang anda bisa memperlihatkan pelanggan anda bahwa anda melayani,menghargai mereka dengan baik dan menomor satukan mereka, Dari contoh kecil saja,seperti menyapa mereka dengan membawa sesuatu yang menguntungakan mereka seperti dengan memberikan perpanjang diskon hanya untuk mereka yang anda anggap sudh menjadi pelanggan anda


5.

Rancanglah sebuah program penghargaan bagi pelanggan Anda. Kita semua sudah kenl dengan yang namanya program penghargaan untuk pelanggan setia dimana sudah banyak bisnis besar yang menyelenggarakanya.Tapi tidak ada alasan untuk bisnis yang masih kecil tidak dapat menyelenggarakan atau menciptakan sebuah program penghrgaan terhadap pelanggan setia Anda. Bisa saja sangat sederhana hanya dengan sebuah diskon untuk pelanggan yang berulang tahun pada tanggal yang ditentukan,atau memberikan ? Bebas harga untuk pembelian apa saja ? untuk pelanggan yang sudah memiliki poin tertinggi dalam pembelian di perusahan atau untuk bisnis Anda.Dari survey menyatakan bahwa program penghargaan terhadap pelanggan ini dapat meningkatkan penjualan dan menciptakan kesetiaan pelanggan yang makin setia terhadap Anda.


6.

Berikan contoh gratis kepada konsumer.
Mengapa sangat banyak bisnis yang mengikut sertakan contoh trial produk gratis pada produk yang lain saat Anda membeli sesuatu dari mereka ? Karena itu dapat meningkatkan penjualan dalam banyak cara. Sebagai konsumer yang telah membeli produk yang asli dan puas kemungkinan besar mereka akan mencoba dan menyukai produk yang baru sama seperti mereka puas dengan produk yang telah mereka beli sebelumnya dan ingin mencoba dengan membelinya. Setidaknya konsumer yang sudah membeli produk Anda sebelumnya akan pikiran yang baik tentang bisnis atau perusahaan Anda dan berharaplah agar mereka mengatakan tentang produk Anda. Menarik perhatian konsumer baru adalah hal yang bagus tetapi bukan hanya itu yang menjadi cara untuk meningkatkan penjualan, malah pada kenyataanya itu adalah cara yang berat dalam dilakukan, karena dimulai dari awal untuk menciptakan kenyamanan dan kepercayaan kepada konsumer baru tersebut.


Rubahlah fokus pemasaran Anda seperti ini untuk lebih memberikan keyakinan, dorongan dan kenyamanan kepada pelanggan setia yang sudah kenal dan menjadi konsumen Anda sebelumnya, hingga sekaran, terbukti trick ini lebih manjur dalam meningkatkan penjualan, bahkan terhandal menciptakan kesetiaan konsumen yang mempengaruh penjualan yang berulang.

Ok, semoga beberapa tips meningkatkan penjualan ini dapat membantu atau setidaknya dapat menambah wawasan Anda dalam dunia bisnis. Terima kasih.

Sumber : http://papaniklan.com

SEPUTAR OSTEOPOROSIS

WASPADA TERHADAP OTEOPOROSIS.

Wanita Asia paling rentan terhadap pengeroposan tulang. Upaya apa yang kita lakukan untuk mengatasi defisit kalsium ?”

Banyak sekali tulisan-tulisan atau buku yang mengupas tuntas masalah pengeroposan tulang, akan tetapi masih cukup banyak wanita yang menjadikan oteoporosis sebagai hantu yang menakutkan. Berikut ini sedikit pandangan seputar pengeroposan tulang.

Tanpa kita rasakan, tulang sebenarnya hidup, tumbuh, dan terus merombak dan memperbaharui dirinya. Itulah hasil kerja dua jenis sel yang bekerja berlawanan, yaitu osteoblas (sel pembentuk tulang) dan osteoklas (sel perusak tulang) yang menghasilkan asam-asam dan menggerogoti tulang. Tulang merupakan gudang penyimpan kalsium terbanyak, fosfor, dan mineral-mineral lainnya. Bentuknya bermacam sesuai dengan fungsi pelindungnya. Ada tulang lurus (tulang paha), melengkung (tulang Iga), dan rata (tulang lempeng tengkorak).

Di dalam tubuh kita senantiasa terjadi proses metabolisme sel yang terbagi atas pembentukan (anabolisme) perombakan (katabolisme). Pada masa-masa tumbuh, mulai sejak kanak-kanak hingga remaja, lebih banyak tulang yang dibentuk (anabolisme) dari pada yang dirombak. Inilah masa-masa keemasan proses pembentukan. Ibarat tabungan yang terus bertambah. Pada usia 25 tahun, kepadatan massa tulang mencapai puncaknya dan dominasi proses pembentukan ini berhenti pada usia 30 tahun. Sedangkan setelah usia 30 tahun, tubuh kita lebih di dominasi oleh proses katabolisme, termasuk juga tulang. Artinya lebih banyak tulang yang dirombak dari pada yang dibentuk.

Defisit Kalsium

Tanpa disadari setiap hari tubuh kita mengalami defisit kalsium, terutama wanita. Bila sehari-hari tubuh kita tidak mendapatkan kalsium sebanyak yang dibutuhkan, maka tubuh akan menariknya dari tulang untuk mengisi kekosongan.

Salah satu akibat berhutangnya tulang adalah mempercepat osteoporosis sebagai akibat rendahnya kalsium dalam tulang. Secara umum penyebab osteoporosis terburuk adalah faktor usia. Para ilmuan memperkirakan dampak osteoporosis terburuk adalah kelumpuhan pada pinggul dan patah tulang belakang. Di Amerika sebuah penelitian menyatakan bahwa sebagian besar wanita dan 20 % pria pada usia tertentu menderita patah tulang karena penyakit ini serta penyebab 50.000 kematian penduduk Amerika tiap tahun. Pada wanita yang lebih rentan adalah wanita asia, sedangkan pada wanita kulit putih lebih banyak menimpa wanita pascamenopause.

Faktor Pemicu.

Pengeroposan tulang pada wanita usia lanjut yang terjadi memang dipicu oleh beberapa faktor. Faktor tersebut antara lain :

  1. Tulang wanita memang jauh lebih kecil. Penyebabnya wanita sering pantang makan dan mungkin kurang gizi selama pembangunan tulang pada usia belasan dan dua puluhan.
  2. Penurunan produksi esterogen. Pendapat para ahli esterogen-lah yang membantu, melindungi tulang dengan menghambat pembentukan osteoklas.
  3. Merokok pada wanita juga menambah proses penipisan tulang karena suatu zat dalam tembakau (nikotin) yang mempercepat terhentinya sirkulasi esterogen.
  4. Kafein dan Alkohol . zat toksik bagi sel pembentuk tulang (osteoblas) juga berperan dalam mengurangi tulang.
  5. Akhirnya, faktor usia juga ikut andil dalam mengontrol tulang anda.
  6. Penelitian lain baru-baru ini menemukan kaitan antara osteoporosis dengan uban dini, depresi, dan sindroma pra-haid.

Cara Mengatasi

Di Amerika, menurut seorang ahli fisiologi kalsium, Dr. robert Heaney Pengajar Universitas di Ohama, Nebraska, mengatakan tidak satu pun wanita yang cukup mendapat kalsium pada usia duapuluhan, begitu juga anak-anak.

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kalsium adalah dari makanan seperti daging, ikan beserta tulangnya (sarden, teri,dan ikan kecil lainnya), susu dan produk olahanya terutama youghurt atau dari minum air tanah terutama yang dekat pantai, serta latihan yang mengunakan beban tubuh seperti berlari, berjalan.

TEMAN SEJATI

Teman sejati,

Mengerti ketika kamu berkata ‘aku lupa’

Menunggu selamanya ketika kamu berkata ‘tunggu sebentar’

Tetap tinggal ketika kamu mengatakan ‘tinggalkan aku sendiri’

Membuka pintu meski kamu belum mengetuk dan berkata ‘bolehkah saya masuk’

TENTANG KEHIDUPAN

TENTANG KEHIDUPAN

Aku harus merubah kehidupanku yang liar ini.

Aku harus menemukan solusi yang tepat.

Aku harus mengambil langkah yang tegas

Atau,

Aku akan hancur bersama kelakuanku.

Ini tidak boleh terjadi,

Bagaimana pun juga,

Aku harus bertanggungjawab terhadap kehidupanku.

Langkahku masih sangat jauh

Dan aku tidak boleh menyerah

Pada keadaan yang membelenguku.

Entah bagaimana caranya,

Aku akan tetap berjuang,

Berjuang,

Dan terus berjuang.

Aku tidak boleh mengalah

Apalagi menyerah

Aku harus berbuat sesuatu

Suatu momentum dalam megapai segala impian

Jangan gentar menghalau segala rintangan

Aku berusaha untuk tidak lari dari kenyataan.

erdansyaksa@yahoo.co.id

TENTANG KEHIDUPAN

TENTANG KEHIDUPAN

Aku harus merubah kehidupanku yang liar ini.

Aku harus menemukan solusi yang tepat.

Aku harus mengambil langkah yang tegas

Atau,

Aku akan hancur bersama kelakuanku.

Ini tidak boleh terjadi,

Bagaimana pun juga,

Aku harus bertanggungjawab terhadap kehidupanku.

Langkahku masih sangat jauh

Dan aku tidak boleh menyerah

Pada keadaan yang membelenguku.

Entah bagaimana caranya,

Aku akan tetap berjuang,

Berjuang,

Dan terus berjuang.

Aku tidak boleh mengalah

Apalagi menyerah

Aku harus berbuat sesuatu

Suatu momentum dalam megapai segala impian

Jangan gentar menghalau segala rintangan

Aku berusaha untuk tidak lari dari kenyataan.

erdansyaksa@yahoo.co.id

MENINGKATKAN POTENSI DIRI

MENINGKATKAN POTENSI DIRI

Menjadi orang besar adalah impian setiap orang. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan impian kita itu. Karena dalam diri setiap manusia terdapat invisible power, karena itu kita jangan hanya bisa bermimpi tapi cobalah untuk merealisasikan mimpi menjadi nyata. Berikut tips-tips untuk yang ingin sukses.

Merubah pola pikir.

Pola pikir (main set) pada setiap diri seseorang tentunya berbeda antara satu dengan lainnya. Hal ini banyak factor yang mempengaruhi sebut saja jenjang pendidikan, lingkungan sekitar serta pola hidup (life style) yang berperanan dalam keseharian seseorang. Orang yang hidup di tahun 1945 tentunya berbeda dengan orang yang hidup di tahun 2000, kenapa demikian ? hal ini tentu saja dikarenakan setiap tahun manusia semakin berkembang terutama dalam pola pikirnya. Kemajuan dalam bidang teknologi pada tahun-tahun terakhir ini sangat berkembang dengan pesat dan kita seakan-akan tidak dapat menghentikan pembaharuan yang terjadi dilingkungan sekitar kita. Lalu apakah kita akan lari dari kenyataan ini ? oh, tentu saja tidak. Pembaharuan hendaklah kita nikmati sebagai salah satu kebutuhan pokok hidup kita.

Sebagai penikmat pembaharuan kita hendaknya berlaku seperti penikmat makanan yang tiada henti mencoba setiap makanan bahkan ke ujung dunia sekalipun kita akan kejar untuk menambah perbendaharan makanan kita. Orang bijak pernah mengatakan bahwa Pikiran laksana sebuah parasut, tidak dapat dipergunakan bila tidak bisa dikembangkan.” Sebuah kalimat yang sangat sederhana akan tetapi mengandung makna yang sangat dalam. Buatlah diri kita nyaman dalam menerima setiap pembaharuan, rubahlah pola pikiran kita yang selama ini mungkin sangat sempit. Banyak sekali literatur-literatur yang dapat kita peroleh baik dari media elektronik maupun linkungan nyata disekitar kita.

Kekuatan utama dalam merubah pola pikir adalah keinginan dari diri kita sendiri, seperti yang dilangsir dalam sebuah tulisan Charles Schriber dalam bukunya yang berjudul “ Life and be free thru psychocybernetics “ yaitu “ masa depan seseorang akan ditentukan oleh nilai-nilai pribadinya (personal qualities) sebesar 85 % dan hanya 15 % ditentukan oleh nilai-nilai teknis kejuruan (Technical qualities)”. Ini berati bahwa kekuatan dalam diri kita mempunyai peranan yang sangat tinggi. Setujukah anda ??.

Kenali Bakat Sendiri.

Bakat itu istilahnya seperti batu akik semakin dipoles maka bentuknya akan semakin menarik sehingga bisa dijual dengan harga tinggi. Konon kesuksesan itu 90% usaha dan 10% bakat, maka dari ungkapan ini sebenarnya hanya pemicu semangat untuk kerja. Bakat itu seperti pohon yang apabila diberi pupuk pasti akan tumbuh subur. Dan masing-masing orang itu berbeda “kesuburannya”, ada yang berbakat di seni, teknik, sport, dll. Oleh karena itu cari tahulah dan temukanlah bakat terpendam yang ada dalam dirimu. Jangan pernah berputus asa karena keputusasaan adalah mesin pembunuh nomer satu dalam diri kita, banyak sekali efek domino yang dibiaskan oleh sebuah keputus-asaan.

KIAT MENINGKATKAN PENJUALAN

HAVING MORE WITH LESS PRINCIPLE

Prinsip memiliki lebih banyak dengan keterbatasan

Agar seorang pemasar bisa menerapkan having more with less, perhatikan :

  1. Sikap kreatif atau think outside the box, yaitu sikap berani keluar dari kerangka bisnis yang sudah ada. Misalnya ketika melakukan promosi, untuk menekan biaya promosi, tidak ada salahnya melakukan co-branding (contohnya adalah penawaran kepada pembeli untuk membeli produk A, tetapi juga memberikan produk C).
  2. Seorang pemasar juga harus mampu berpikir kreatif dan menganalisis masalah secara strategis untuk menghasilkan sesuatu lebih baik.
  3. Seorang pemasar juga harus bisa membaca arah perkembangan pemasaran. Ia harus bisa menetapkan target konsumen, mendistribusikan produk, merancang harga, dan melakukan riset psikografis agar produk yang diluncurkan sampai kepada konsumen yang telah ditargetkan (contohnya, produk popok Huggies yang diluncurkan sesuai dengan kebutuhan).
  4. Seorang pemasar harus bisa mengenal kultur konsumen indonesia yang lamban dalam menerima produk-produk baru (tidak cepat dalam menerima produk baru). Dibutuhkan waktu yang lama dan kesabaran agar produk bisa diterima pasar.
  5. Seorang pemasar yang baik harus bisa menunjukkan extra value produk kepada konsumen agar konsumen tidak merasa bahwa produk yang ditawarkan terlalu mahal.
  6. Seorang pemasar harus bisa menumbuhkan kerjasama (teamwork).
  7. Seorang pemasar harus bisa mempengaruhi konsumen dengan cara personal approach. Oleh karena itu, ia harus bisa mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen dan menganalisis mengapa produk A bisa di terima oleh pasar, sedangkan produk B tidak demikian.
  8. Seorang pemasar harus bisa menumbuhkan sikap leadership, kebersamaan dan rasa memiliki terhadap bisnis yang tengah ia kembangkan.
  9. Seorang pemasar harus bisa membangun good relationship dengan seluruh karyawan dengan menjalin kerjasama dan mapu meraih kepercayaan konsumen.
  10. Seorang pemasar harus bisa berpikir dan bersikap rasional terhadap produk yang akan mereka pasarkan.
  11. Seorang pemasar harus bisa memiliki daya analisis yang sistematis untuk bisa memenangkan pasar.
  12. Seorang pemasar harus bisa membangun personal approach yang baik dengan lingkungan sekitarnya dan jangan terlalu cepat berpuas diri atas apa yang telah diraihnya.
  13. Seorang pemasar harus bisa meng-up grade ilmu pemasaran yang dimilikinya dalam berteori maupun membaca buku, jangan segan bertanya kepada ahli pemasar yang berpengalaman.
  14. Seorang pemasar juga harus bisa memiliki, memahami dan menjaga kode etik yang berlaku internal di perusahaannya dan eksternal (di luar perusahaan) – yang berkaitan dengan upaya menjaga hubungan baik dengan rekan bisnis.