Rabu, 18 Februari 2009

KIAT MENINGKATKAN PENJUALAN

HAVING MORE WITH LESS PRINCIPLE

Prinsip memiliki lebih banyak dengan keterbatasan

Agar seorang pemasar bisa menerapkan having more with less, perhatikan :

  1. Sikap kreatif atau think outside the box, yaitu sikap berani keluar dari kerangka bisnis yang sudah ada. Misalnya ketika melakukan promosi, untuk menekan biaya promosi, tidak ada salahnya melakukan co-branding (contohnya adalah penawaran kepada pembeli untuk membeli produk A, tetapi juga memberikan produk C).
  2. Seorang pemasar juga harus mampu berpikir kreatif dan menganalisis masalah secara strategis untuk menghasilkan sesuatu lebih baik.
  3. Seorang pemasar juga harus bisa membaca arah perkembangan pemasaran. Ia harus bisa menetapkan target konsumen, mendistribusikan produk, merancang harga, dan melakukan riset psikografis agar produk yang diluncurkan sampai kepada konsumen yang telah ditargetkan (contohnya, produk popok Huggies yang diluncurkan sesuai dengan kebutuhan).
  4. Seorang pemasar harus bisa mengenal kultur konsumen indonesia yang lamban dalam menerima produk-produk baru (tidak cepat dalam menerima produk baru). Dibutuhkan waktu yang lama dan kesabaran agar produk bisa diterima pasar.
  5. Seorang pemasar yang baik harus bisa menunjukkan extra value produk kepada konsumen agar konsumen tidak merasa bahwa produk yang ditawarkan terlalu mahal.
  6. Seorang pemasar harus bisa menumbuhkan kerjasama (teamwork).
  7. Seorang pemasar harus bisa mempengaruhi konsumen dengan cara personal approach. Oleh karena itu, ia harus bisa mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen dan menganalisis mengapa produk A bisa di terima oleh pasar, sedangkan produk B tidak demikian.
  8. Seorang pemasar harus bisa menumbuhkan sikap leadership, kebersamaan dan rasa memiliki terhadap bisnis yang tengah ia kembangkan.
  9. Seorang pemasar harus bisa membangun good relationship dengan seluruh karyawan dengan menjalin kerjasama dan mapu meraih kepercayaan konsumen.
  10. Seorang pemasar harus bisa berpikir dan bersikap rasional terhadap produk yang akan mereka pasarkan.
  11. Seorang pemasar harus bisa memiliki daya analisis yang sistematis untuk bisa memenangkan pasar.
  12. Seorang pemasar harus bisa membangun personal approach yang baik dengan lingkungan sekitarnya dan jangan terlalu cepat berpuas diri atas apa yang telah diraihnya.
  13. Seorang pemasar harus bisa meng-up grade ilmu pemasaran yang dimilikinya dalam berteori maupun membaca buku, jangan segan bertanya kepada ahli pemasar yang berpengalaman.
  14. Seorang pemasar juga harus bisa memiliki, memahami dan menjaga kode etik yang berlaku internal di perusahaannya dan eksternal (di luar perusahaan) – yang berkaitan dengan upaya menjaga hubungan baik dengan rekan bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar