Rabu, 18 Februari 2009

MENINGKATKAN POTENSI DIRI

MENINGKATKAN POTENSI DIRI

Menjadi orang besar adalah impian setiap orang. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan impian kita itu. Karena dalam diri setiap manusia terdapat invisible power, karena itu kita jangan hanya bisa bermimpi tapi cobalah untuk merealisasikan mimpi menjadi nyata. Berikut tips-tips untuk yang ingin sukses.

Merubah pola pikir.

Pola pikir (main set) pada setiap diri seseorang tentunya berbeda antara satu dengan lainnya. Hal ini banyak factor yang mempengaruhi sebut saja jenjang pendidikan, lingkungan sekitar serta pola hidup (life style) yang berperanan dalam keseharian seseorang. Orang yang hidup di tahun 1945 tentunya berbeda dengan orang yang hidup di tahun 2000, kenapa demikian ? hal ini tentu saja dikarenakan setiap tahun manusia semakin berkembang terutama dalam pola pikirnya. Kemajuan dalam bidang teknologi pada tahun-tahun terakhir ini sangat berkembang dengan pesat dan kita seakan-akan tidak dapat menghentikan pembaharuan yang terjadi dilingkungan sekitar kita. Lalu apakah kita akan lari dari kenyataan ini ? oh, tentu saja tidak. Pembaharuan hendaklah kita nikmati sebagai salah satu kebutuhan pokok hidup kita.

Sebagai penikmat pembaharuan kita hendaknya berlaku seperti penikmat makanan yang tiada henti mencoba setiap makanan bahkan ke ujung dunia sekalipun kita akan kejar untuk menambah perbendaharan makanan kita. Orang bijak pernah mengatakan bahwa Pikiran laksana sebuah parasut, tidak dapat dipergunakan bila tidak bisa dikembangkan.” Sebuah kalimat yang sangat sederhana akan tetapi mengandung makna yang sangat dalam. Buatlah diri kita nyaman dalam menerima setiap pembaharuan, rubahlah pola pikiran kita yang selama ini mungkin sangat sempit. Banyak sekali literatur-literatur yang dapat kita peroleh baik dari media elektronik maupun linkungan nyata disekitar kita.

Kekuatan utama dalam merubah pola pikir adalah keinginan dari diri kita sendiri, seperti yang dilangsir dalam sebuah tulisan Charles Schriber dalam bukunya yang berjudul “ Life and be free thru psychocybernetics “ yaitu “ masa depan seseorang akan ditentukan oleh nilai-nilai pribadinya (personal qualities) sebesar 85 % dan hanya 15 % ditentukan oleh nilai-nilai teknis kejuruan (Technical qualities)”. Ini berati bahwa kekuatan dalam diri kita mempunyai peranan yang sangat tinggi. Setujukah anda ??.

Kenali Bakat Sendiri.

Bakat itu istilahnya seperti batu akik semakin dipoles maka bentuknya akan semakin menarik sehingga bisa dijual dengan harga tinggi. Konon kesuksesan itu 90% usaha dan 10% bakat, maka dari ungkapan ini sebenarnya hanya pemicu semangat untuk kerja. Bakat itu seperti pohon yang apabila diberi pupuk pasti akan tumbuh subur. Dan masing-masing orang itu berbeda “kesuburannya”, ada yang berbakat di seni, teknik, sport, dll. Oleh karena itu cari tahulah dan temukanlah bakat terpendam yang ada dalam dirimu. Jangan pernah berputus asa karena keputusasaan adalah mesin pembunuh nomer satu dalam diri kita, banyak sekali efek domino yang dibiaskan oleh sebuah keputus-asaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar