Minggu, 31 Januari 2010

LANGAH MENUJU SUKSES

Dalam suatu perjalanan, terbesit di pemikiran saya beberapa point yang menjadi langkah pasti menuju kesuksesan :

1. Kumpulkan Sebanyak Mungkin Peluang
Jalan menuju kesuksesan sangatlah banyak, namun bagi yang tidak bisa melihatnya, alangkah gelapnya dunia ini. Sebenarnya asal kita mau berusaha mencari informasi sebanyak-banyaknya dan membuka selebar-lebarnya pikiran kita terhadap peluang, maka dengan sendirinya akan muncul beberapa pilihan dan akan makin banyak lagi peluang-peluang lain yang akan timbul. Yang di maksud dengan peluang disini bisa berupa peluang usaha ataupun peluang kerja. Itu semua bisa anda dapatkan di berbagai media massa seperti majalah, koran, televisi, radio bahkan di internet yang notebene sumber dari segala informasi.

2. Pilih Beberapa Peluang Yang Paling Anda Sukai
Setelah anda mengumpulkan dan banyak sekali peluang yang anda dapatkan, langkah selanjutnya pilihlah beberapa peluang yang paling anda sukai, karena mendasarkan pada sifat kita, sesuatu yang dikerjakan dengan rasa suka, senang dan cinta, akan menghasilkan bentuk dedikasi yang tinggi, sehingga ibarat kata tidak dibayarpun kita mau mengerjakannya tanpa rasa terbebani sedikitpun dari bangun tidur sampai tidur lagi pada malam harinya.

3. Pilih Beberapa Peluang Yang Paling Sesuai Dengan Potensi Anda
Kemudian langkah berikutnya anda harus mensortir peluang-peluang yang anda paling sukai tersebut dengan mengambil yang paling sesuai dengan potensi anda. Sebagai gambaran sederhana : misalkan anda mempunyai mertua yang memiliki sawah yang sangat luas, dan anda diberi kepercayaan untuk membantu mengelolanya dan kebetulan anda adalah menantu satu-satunya, maka itulah potensi anda.

4. Jalankan Peluang Pilihan Terbaik
Langkah berikutnya adalah menjalankan peluang yang menjadi pilihan terbaik sesuai dengan kriteria tersebut diatas dengan segera. Take action soon …! Karena yang membedakan orang yang sukses dan tidak dengan peluangnya adalah pada tindakannya.
Bangga dengan ide-ide cemerlang tapi tidak mau bertindak, sama dengan melihat hujan emas tapi tidak mau mengambilnya.

5. Fokus dan Konsisten
Meskipun anda sudah menjalankan peluang yang anda anggap paling baik dan paling cocok, tapi anda tidak akan terlepas dari godaan dan rayuan dari kanan kiri anda yang menjanjikan sejuta harapan dan impian yang mengajak anda untuk pindah dan mencoba ke bentuk peluang yang lain. Janganlah anda menjadi buih di lautan yang mudah di ombang-ambingkan oleh ombak, tapi jadilah karang yang tetap tegak berdiri meskipun ribuan kali ombak menghantam.


6. Kreatif dan Up To Date
Hidup di jaman modern seperti sekarang ini, persaingan adalah hal yang sulit di hindari.
Tanpa punya kemampuan untuk kreatif anda akan di gilas oleh roda zaman. Bahkan baru mulai sekalipun, karena individu tanpa deferensiasi akan mudah di lupakan dan tidak punya daya tarik tersendiri. Apalagi ditambah dengan tidak up to date-nya inovasi.

7. Bersabar
Setelah semua syarat sukses dalam memberdayakan peluang di jalankan, kunci yang terakhir adalah anda harus bersabar. Klise memang, tapi itulah kenyataannya.
Ada saat yang tepat untuk kita menuai hasilnya. Mungkin pikiran ataupun mental kita belum siap menghadapi kesuksesan? Tidak ada seorangpun yang tahu, bahkan kadang diri kita sendiri. Maka bersabarlah dalam kesuksesan setelah segala sesuatunya di optimalkan.

Salam sukses untuk kita semua …!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar